Sabtu, 20 Juli 2013

Siapa Pengisi Squad MerahPutih?

  Setelah melihat performa penampilan beberapa pemain tanah air dalam pertandingan uji coba dan eksibisi bersama tim Indonesia XI,tentu kini semua suporter di tanah air akan membayangkan dan juga mendebatkan siapa kah pemain yang pantas mengisi squad Tim Nasional nantinya. Apalagi tim nasional China sudah menunggu di lanjuan pertandingan penyisihan piala Asia. China bukan lah lawan yang boleh dianggap sembarangan oleh kita. kalau dilihat dari level tim juga China tidak setara dengan kita (dalam kata lain dia mainnya sudah international gak AFC lagi,kalaupun AFC pasti sama Jepang dkk)

  Berikutnya kalau kita memilih beberapa pemain Indonesia XI dari saat menghadapi Arsenal tentu belum terlihat tejamnya dan siapa yang kira-kira bisa diprediksikan masuk squad utama VS China nanti,namun jika melihat saat menghadapi Belanda dan Liverpool tentu kita sudah punya gambaran masing-masing.

  Berikut adalah gambaran pemain Tim Nasional yang kira-kira pas (versi pengamatan bung Gerardo)
FORMASI 4-4-2

Penjaga Gawang (Kurnia Meiga)

Di posisi ini sepertinya tidak akan banyak perubahan Kurnia Meiga penjaga gawang muda berbakat asal AremaFC ini mungkin akan terus dipasang di dalam line-up diikuti Made Wirawan di bench dan untuk kiper ke tiga saya rasa Rivki Mokodompit kurang baik dalam bertuga
s,lihat saja kembali performanya selama di Sriwijaya FC,kurang lengket dan kurang sigap serta sering melakukan blunder.

Bek / Pertahanan (Igbonefo,Roby,Wahyu,Zulkifly)

Untuk menjaga gerbang gawang Timnas menurut saya dibutuhkan beberapa kriteria yaitu kesigapan,ketenangan,postur dan juga keberanian. secara postur Igbonefo sih cocok sekali berada di lini pertahanan timnas,lalu pemain lain seperti M.Roby juga tampil apik dalam pertahanan vs Liverpool. namun jangan lupakan pemain yang satu ini! Wahyu Wijiastanto,postur nya cocok untuk defender pada umumnya. dan untuk bek yang tugasnya lari ke depan membantu gelandang mungkin Zulkifly Sukur,asal jangan lupa kembali ke posisi.

Gelandang / Tengah (Andik,Taufiq,Okto,Bustomi)

Pemain yang pas untuk mengisi lini penyuplai bola-bola matang atau pemain tengah menurut saya cocok kalau dipasang pemain-pemain bertipikal cepat dan juga LongPass'er atau pemberi
umpan panjang. karena untuk membangun serangan butuh kecepatan untuk segera mengambil keputusan memberikan bola kepada striker untuk dibuahkan menjadi gol. Andik dan Okto jiak masing-masing berada di Kiri dan Kanan pasti akan bisa merepotkan pertahanan lawan,kedua pemain ini punya kecepatan.Taufiq dan Bustomi cocok untuk berada di tengah karena mereka selain sigap juga umpan long ball nya baik dan sesekali Taufiq juga bsia membantu tugas lari-lari nya Andik/Okto. Kalau Bustomi terkadang bsia membantu pertahanan juga,jadi saya rasa 4 pemain ini pas di tengah.

Striker (Titus Bonai,Irfan Bacdhim)
 
Kriteria Striker yang pas menurut saya itu harus tidak pilih-pilih lawan dan paling utama mental. Mental bisa dikategorikan banyak macamnya,,seperti tidak pedul isiapa lawan yang dihadapi sebagai seorang striker memiliki tugas untuk mencetak gol,berani melakukan tusukan-tusukan dan tidak grogi. Itu terlihat dalam Titus Bonai saat menghadapi Liverpool,Irfan bsia dicoba karena pengalamannya main di luar negeri.
Di sisi lain kalau dilihat Sergio kurang membaur dengan tim atau mungkin agak grogi dan gugup,sama seperti Boas kurang terlihat perannya,namun dua pemain ini masih bisa menunggu di bangku cadangan.

Cadangan / Pilihan Lain :
Made Wirawan (Gk),Boaz Solosa,Sergio Van Dijk,Syamsir Alam,Firman Utina,Ricardo Salampessy,Greg Nwokolo,Hasim Kipuw,Bayu Gatra,Rizky Pellu,Rasyid

Sisanya silahkan di improvisasi sendiri pemain yang pas masuk di Squad MerahPutih,karena banyak sekali pemain yang harus dicoba.

 Berikut tadi adalah gambaran pemain Timnas versi saya sendiri,tapi untuk meraih prestasi bukanlah hal yang mudah,sekarangyang penting Indonesia sepakbolanya harus bersatu dulu,itu yang utama,baru anti pasti setelah bersatu prrestasi akan lebih mudah didapat karena ktia saling membantu sebagai orang Indonesia yang ingin negara ini maju dan tidak kalah terus. Belanda,okelah kita kalah,tapi untuk level asia,Indonesia tidak pantas untuk kalah. Mungkin kita bukan lagi macan asia,tapi kita adalah Garuda Asia kita masih bsia terbang jauh lebih tinggi lagi.


  Terimakasih sudah membaca,semoga bermanfaat bagi anda semua,salam Olahraga! Salam Sepakbola!

#NB : Saya masih mau lihat Bambang Pamungkas main nih
#Untuk PSSI : jangan ribut terus ya,malu diliat orang,udah apalagi sudah usianya kok masih berantem dan musuh-musuhan,dan juga jangan pelit-pelit milih pemain,Indonesia banyak pemain berbakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar